Wellcome!

Anda memasuki dunia aneh. Siapkan diri sebelum memulai. Jika tidak kuat, di sebelah sana ada kamera, juga di sebelah sini. Lambaikan tangan Anda dan kami akan segera menjemput.

Thursday, 16 July 2015

Barang Enak vs Barang Enek




Dalam dunia literasi, seorang penulis atau pengarang aslinya tidak butuh pujian, karena pujian itu enak seperti sate kambing, atau setidaknya seperti ditraktir makan tiga kali (walau lauknya tempe penyet). Sate kambing jelas rasanya enak, bagi yang suka. Bagi yang tidak suka, silakan ganti kata-kata di atas dengan sate ayam, sate bebek, sate sapi, atau sate apa saja, terserah. Intinya semua jenis sate, atau masakan apa pun yang dimasak dengan baik dan berharga mahal, pasti rasanya enak to? Sedangkan, ditraktir tempe penyet tiga kali itu kebiasaan orang Indonesia. Percaya nggak percaya, itulah kita, karena kita suka yang gratis-gratis, walau agak kampungan.

Sudah, tak usah dibikin ribut gimana-gimana, wong saya tentu tidak berhasrat mengatakan tempe itu kampungan atau sate kambing itu bangsawan. Yang saya bilang adalah: pujian itu enak banget, dan kalau diberikan secara cuma-cuma, kita bisa ketagihan. Tapi jangan salahkan kalau nanti yang sampean dapat ujung-ujungnya cuma bikin lari ke WC, lantas BAB. Makan apa saja, entah enak entah gratis, ujung-ujungnya jadi (maaf) tahi.

Jojo si Koplak dan Perjalanan Kariernya




Judul buku: Derita Karyawan
Penulis: Wenda Koiman
Kategori: Novel komedi
Penerbit: Cakrawala
ISBN : 978-979-405-008-8
Terbit: 2015
Tebal : 168 halaman
Harga : Rp. 35.000,-

"Derita Karyawan", novel komedi segar karya Wenda Koiman ini, amat menghibur. Bagi kamu yang pernah ngalami susahnya nyari kerja, atau hidup di bawah tekanan bos sampai gak kuat lalu hengkang ke planet sebelah, buku ini mungkin bisa jadi ajang nostaGILA sekaligus bersyukur bahwa bukan cuma kamu yang pernah menderita.

Dikisahkan ada pemuda namanya Jojo, sarjana nganggur yang nasibnya malang. Melamar kerja ke sana kemari, susahnya minta ampun. Eh, begitu diterima, kalau bukan dipecat, ya mengundurkan diri karena apes. Sebelum membaca novel ini, ngeliat daftar isinya aja sudah kebayang serumit apa perjalanan Jojo. Karena di situ ditulis beberapa jenis pekerjaan yang dilakoni oleh jagoan jadi-jadian kita ini, misalnya sales, asisten pribadi, sopir taksi, sampai agen rahasia.

Karakter Jojo yang penyemangat, narsis, agak sedikit bodoh, sekaligus sok pintar membuat cerita ini seru. Sebut saja di bagian pekerjaan sales bra, dengan semangat ia menawarkan bra ke seorang pria yang diduga bakal membeli buat sang istri. Tapi ternyata istri pria itu bukan wanita, melainkan pria (walah!). Akibatnya, Jojo yang udah janji nelan bra kalau "istri" si bapak tidak mau pakai branya, harus apes untuk kesekian kali.

Dukun Koplak dan Jin Setengah Sakti




Judul buku: Jin & Eyang Dukun Bikin Ngakak Guling-Guling Ya Kaleee...!
Penulis: Jon Alayna
Kategori: Kumpulan humor
Penerbit: Medpress
ISBN : 978-979-911-394-8
Terbit: 2014
Tebal : 120 halaman
Harga : Rp. 25.000,-

Membaca bagiku sudah menghibur, apalagi membaca humor. Gak ada yang lebih bahagia dari itu kayaknya (kecuali masuk surga. Haha). Sumpah, membaca buku ini benar-benar menguras tenaga karena isinya membuatku ngakak abis nyaris tanpa henti dari halaman depan hingga akhir,

Kumpulan humor ini dibagi tiga bagian. Bagian satu isinya soal Eyang Dukun dan segala problemanya, mulai dari pasien yang minta aneh-aneh, salah mantra, sampai dukun yang saling kerja-mengerjain dengan pasien. Satu ciri khas yang kutangkap: penyebutan kalimat "Demi Tuhaan!" khas Arya Angguna (ada yang tahu nama ini?), plus ilustrasi kocak yang mengingatkanku akan tokoh (pengennya) nasional: Eyang Dubur. wkwkwkw :v

Tumpukan Teka-teki di Satu Kisah Penculikan





Judul buku: Red Leaves
Penulis: Thomas H. Cook
Kategori: Novel
Penerbit: Dastan Books
ISBN : 978-602-247-157-8
Terbit: Maret 2014
Tebal : 320 halaman

Eric dan Meredith, pasutri yang hidup bahagia, harus kehilangan segalanya setelah sang anak, Keith, dicurigai melakukan sesuatu sehingga mengakibatkan hilangnya gadis kecil bernama Amy secara misterius.

Mulanya Keith dibayar untuk menjaga gadis sembilan tahun itu, karena ayah dan ibunya, Vince dan Karen Giordiano, hendak pergi. Ini bukan yang pertama bagi Keith. Ia bahkan juga "bekerja" pada ayahnya dengan membantu mengirimkan pesanan pelanggan di studio cuci cetak foto milik Eric.

Namun malam itu mengubah segalanya. Keith pemurung dan tertutup, mengaku tidak berbuat apa-apa. Ia bahkan pergi dan pulang tanpa membawa sepeda, kecuali saat datang ke rumah Vince, ia diantar oleh saudara kandung Eric, Warren.

Realita Sehari-Hari dalam Satu Kumpulan Cerpen





Judul buku: Menanti Lelaki dari Surga
Penulis: Eko Hartono
Kategori: Kumcer
Penerbit: UNSA Press
ISBN : 978-602-711-764-8
Terbit: Feb 2015
Tebal : vi+116 halaman
Harga: Rp. 25.000,-

Suatu waktu seorang gadis bernama Raisya berharap mendapat jodoh lelaki dari surga. Tapi, tidak ada yang percaya hal itu bisa terjadi. Meski begitu, ia tetap percaya mimpinya. Suatu saat lelaki dari surga datang, begitu hatinya berkeyakinan. Keteguhan sang gadis, mulanya terasa ganjil dan tak masuk akal. Banyak lelaki baik-baik datang melamar tapi ia tolak. Tentunya ini membuat Raisya jadi bahan gunjingan. Beruntung sang nenek hadir dan mendukung keyakinan ini, hingga hari yang mustahil itu benar-benar tiba.

Begitulah ringkasan "Menanti Lelaki dari Surga" (hal. 51), salah satu cerita yang dijadikan judul kumcer ini. Namun, cerita ini tidak bisa disebut yang terbaik. Bagi saya, predikat itu lebih layak disandang "Permen dan Lukisan" (hal 1) yang berkisah tentang pasutri penjual air mata dan serpihan hati dalam wujud kerajinan permen dan lukisan. Dalam cerpen ini, penulis tidak cuma menyoroti fenomena betapa mudah masyarakat mengumbar kesedihan di depan umum (melalui media sosial, misalnya), hingga peluang memanfaatkan kesusahan orang lain bagi para politisi picik.

Quinn dan Dendam Masa Lalu




Judul buku: Killing Her Softly
Penulis: Beverly Barton
Kategori: Novel
Penerbit: Dastan Books
ISBN : 978-979-3972-37-4
Cetakan 3: Maret 2014
Tebal : 441 halaman

Quinn Cortez, pengacara kriminal kondang, yang dibenci kepolisian Memphis, terseret dalam masalah besar. Lulu Vanderley, kekasihnya, ditemukan mati terbunuh. Dia mati dibekap bantal, dan jari telunjuk kanan si mayat hilang. Penemunya Cortez sendiri. Ia dengan segera dicurigai oleh beberapa pihak, terutama Chad George, salah satu polisi muda yang ambisius ingin mengejar karier.

Cortez seorang playboy. Sejak muda ia memacari banyak perempuan, di hampir setiap kota yang disinggahinya dalam perjalanan sebagai seorang pengacara kaya. Begitu seringnya ganti pacar, Cortez pun tidak mengingat secara detil semua wanita yang pernah "dijajalnya" di tempat tidur.

Cortez cerdas dan berani, meski masa lalunya amat buruk. Annabelle, sepupu Lulu, masuk ke kehidupannya setelah mereka (dengan awalnya terpaksa) kerja sama mencari siapa pembunuh Lulu sebenarnya. Griffin Powell, penyidik swasta dengan bayaran tinggi, siap membantu keduanya. Lama-lama Cortez merasa Annabelle adalah cinta sejatinya, begitupun sebaliknya. Di sisi lain, ada Chad George, yang mata keranjang dan berhasrat ingin menimpakan kesalahan akan kematian Lulu pada Cortez, karena dengan begitu karirnya di kepolisian akan melesat.

Pertarungan Sisi Baik dan Jahat




Judul Asli: O Demonio E A Senhorita Prym
Judul buku: Iblis dan Miss Prym
Penulis: Paulo Coelho
Kategori: Novel
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-979-22-9837-6
Cetakan 5: Sept 2013
Tebal : 250 halaman
Harga: Rp. 45.000,-

Lelaki asing tiba-tiba datang ke desa Viscos dengan membawa sebelas batang emas. Ia dulunya bekerja di perusahaan senjata ternama. Dua tahun silam sekelompok teroris menyebabkan istri dan kedua anaknya mati terbunuh. Ia sulit menerima, lalu pergi, dan mencoba mencari tahu kekuatan baik dan jahat yang ada dalam diri manusia; mana yang dominan, atau mana yang paling sejati? Sesosok Iblis mengikuti dan menghasutnya agar jauh dari Tuhan.

Di Viscos, ada gadis pelayan di sebuah hotel kecil. Namanya Chantal, atau biasa dipanggil Miss Prym oleh warga. Desa itu kecil dan Chantal adalah orang termuda di sana, setelah masa jaya desa itu berakhir dan dalam waktu singkat mungkin desa itu segera punah. Tentunya, desa itu dihuni oleh para lansia dan mereka yang setengah baya dan tidak memiliki tujuan hidup selain sekadar bekerja agar tidak mati.

Detik-detik Kematian Veronika





Judul Asli: Veronika Decides to Die
Judul buku: Veronika Memutuskan Mati
Penulis: Paulo Coelho
Kategori: Novel
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia
ISBN : 978-979-91-0478-6
Cetakan 7: Juli 2012
Tebal : 236 halaman
Harga: Rp. 45.000,-

Veronika bosan dengan hidupnya, maka ia memutuskan mati. Ia menenggak air dengan beberapa butir obat tidur melebihi dosis, dengan harapan nyawanya langsung melayang. Namun, keajaiban terjadi, atau Veronika salah perkiraan: ia tidak mati dan hanya mengalami masalah pada organ jantungnya.

Masalah jantung itu tidak terlalu serius sebenarnya, tapi Dr Igor, yang sedang menyusun tesismelakukan penelitian untuk mencari obat sakit jiwamengatur agar masalah ini tampak serius. Veronika dipindahkan ke rumah sakit jiwa Villete dan dikabarkan memiliki jatah hidup tujuh hari saja, karena jantungnya melemah akibat obat tidur berlebih yang dia minum.

Perjalanan Pilar dan Teman Semasa Kecilnya





Judul Asli: No Margem Do Rio Piedra Eu Sentei E Chorei
Judul buku: Di Tepi Sungai Piedra, Aku Duduk dan Menangis
Penulis: Paulo Coelho
Kategori: Novel
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-979-22-9262-6
Cetakan 8: Nov 2013
Tebal : 222 halaman
Harga: Rp. 42.000,-

Pilar mempunyai seorang teman masa kecil yang merantau dan pergi ke beberapa penjuru dunia untuk belajar agama dan hakikat hidup. Pilar sendiri selama ini merasa hidupnya hanya berkutat di kampung halamannya saja; dan ia menyadari itu justru setelah pertemuannya dengan sang teman setelah sebelas tahun lamanya berpisah.

Novel ini kurang menarik dari segi isi cerita, karena unsur intrinsik tidak semua terpenuhi. Namun dari kedalaman karakter dan perasaan para tokoh, dirasa cukup dalam. Pilar dan sang teman melakukan perjalanan religi yang sarat dengan gejolak dalam hati masing-masing: tentang agama, cinta, hakikat hidup, dan prinsip.